Apa Itu Java

JAVA, jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia kata java ini merupakan salah satu pulau yang ada di negara indonesia yaitu JAWA, tepapi sesungguhnya JAVA itu bukanlah kosa kata bahasa inggris dari kota JAWA melainkan salah satu bahasa pemograman yang sangat populer saat ini, secara singkat penjelasan mengenai bahasa JAVA adalah bahasa pemograman yang dapat dapat dimplementasikan didalam dekstop pc, mobile, table pc, dll. Karena kemampuannya itulah yang membuat banyak developer yang beralih dari bahasa C++ mempelajari bahasa JAVA.

Apa Itu Java


Sebelum membahas mengenai bahasa JAVA, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu asal usul bahasa pemograman satu ini :

  • Sejarah JAVA.
JAVA adalah salah satu bahasa pemograman yang paling terkenal di kalangan programmer disaat ini hal ini dikarenakan kemampuan dasar dari java yang merupakan bahasa pemograman yang berorientasi kepada object yang membuat para programmer lebih memilih java ketimbang bahasa bahasa pemograman lain seperti : C++ , Pascal , dll.

JAVA merupakan produk yang dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystem pada Agustus 1991 yang pada mula pengembangannya bernama OAK, perusahaan Sun itu sendiri adalah singkatan dari Stanfor University Network tempat dimana duo penemu google yaitu Sergey Brin dan Laary Page.

OAK ? ada 2 pendapat yang menyangkut panamaan OAK pada waktu itu ada yang mengatakan bahwa OAK adalah kepanjangan dari Object Application Kernel , dan ada juga yang mengatakan bahwa OAK adalah nama sebuah pohon jati yang terlihat oleh si pengembang java di samping jendela rumahnya.

  • Keunggulan Bahasa JAVA 
1. Sederhana Bahasa pemrograman Java menggunakan Sintaks mirip C++, code/sintaks pada JAVA telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. JAVA  juga menggunakan automati memory allocation dan memory garbage collection. 

2. Berorientasi objek (Object Oriented) Java menggunakan pemrogrman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodulasi dunia nyata ke dalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut. 

3. Dapat didistribusi dengan mudah. JAVA dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java. 

4. Interpreter Program Java dijalankan menggunakan interpreter, yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.



Saya rasa pengenalan dari sisi sejarah JAVA itu sendiri cukup sampai disini karena teman - teman sekalian dapat membaca penjelasan mengenai java secara mendalam melalui Powerpoint yang saya susun dan teman - teman sekalian dapat mendownloadnya disini :

Server : google drive

Link Download : here 

Selamat Mengerjakan ...


Previous
Next Post »
Thanks for your comment