Sejarah Anime Jepang

Anime ? Siapa yang tidak tau animasi 2 dimensi asal negeri sakura ini, anime identik dengan gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga yang merupakan komik khas Jepang. Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me ( ア ニ メ) yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris yaitu "Animation" dan diucapkan orang jepang dengan "Anime-shon".



Anime pertama yang berhasil membius penontonnya adalah Astro Boy karya Ozamu Tezuka pada tahun 1963. Sekarang anime sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan anime zaman dulu. Dengan grafik yang sudah berkembang sampai alur cerita yang lebih menarik dan seru. Masyarakat Jepang sangat antusias menonton anime dan membaca manga. Dari anak-anak sampai orang dewasa. Mereka menganggap, anime itu sebagai bagian dari kehidupan mereka. Hal ini yang membuat beberapa televisi kabel yang terkenal akan beberapa film kartunnya, seperti Cartoon Network dan Nickelodeon mengekspor kartunnya. Sekarang anime menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan bagi semua orang, seorang creator anime itu sendiri disebut animator. 

Saat ini banyak orang yang selalu mengatakan "Sudah besar masih saja nonton kartun, malu sama umur", hal tersebut merupakan salah satu opini yang memandang bahwasanya anime dan kartun itu sama, pada kenyataannya antara kartun dan anime adalah 2 hal yang sangat berbeda, jika kartun identik dengan adegan konyol dan mengundang tawa dengan pengisi suara seorang anak kecil, anime tidak semuanya yang bergenre seperti kartun, ada banyak genre anime yang sedang berkembang saat ini seperti comedy, romance, sport, slice of life, adventure, fantasy, dll.



Hal itulah yang membuat anime tidak hanya digemari oleh anak kecil merlainkan orang dewasapun sangat menyukainya, selain itu ada banyak hal yang dapat diambil dari sebuah tontonan anime, salah satunya adalah pesan hidup yang bermakna seperti pada anime naruto,
"Kau tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya sebuah kebahagian jika kau tidak pernah merasakan sebuah penderitaan" - Pain, Nagato
Awal mula meroketnya tontonan anime di indonesia adalah sejak penayangan anime Naruto pada sekitaran tahun 1995, anime satu ini berhasil menarik jutaan penoton dengan gaya ilustrasi kartun yang detail dan diikuti dengan tingkah konyol dari tokoh utamanya sendiri yaitu Naruto, dan dibalik kekonyolannya itu Naruto adalah seorang anak kecil yang harus melewati masa kecilnya dengan penuh hinaan dan cacian, akan tetapi ia tetap teguh dengan mimpinya untuk menjadi seorang Hokage di Konoha.


Mungkin Sekian dulu mengenai artikel Sejarah Anime Jepang, ada banyak hal yang ingin penulis ulas mengenai judul yang sugoii ini, untuk saat ini cukup dulu. Semoga bermanfaat ..


Source : wikipedia
Previous
Next Post »
Thanks for your comment