Sejarah Perkembangan Android

Android sudah menjadi sistem operasi mobile atau ponsel yang populer di dunia. Akan tetapi, mungkin banyak yang belum tahu bagaimana Android itu sendiri berkembang hingga sampai saat ini berhasil menjadi Sistem Operasi yang paling banyak digunakan.


Perkembangan dimulai ketika empat sekawan Andy Rubin, Rich Miner, Nich Sears, dan Chris While mendirikan perusahaan Android Incorporation di Palo Alto, California, pada bulan Oktober 2003. Andy Rubin semula adalah salah satu pendiri Danger Incorporation, perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan komputasi mobile, khususnya pada area platform, piranti lunak, dan desain. Rich Miner adalah salah satu pendiri Wildfive Communications. Nick Sears pernah menjabat sebagai wakil presiden T-Mobile. Chris While adalah kepala pengembangan desain dan antarmuka di Web TV.

Android Incorporation berfokus pada bidang pengembangan piranti lunak mobile. Hanya itu saja yang bisa diketahui dari mereka karena  banyak operasi mereka yang dirahasiakan. Lalu pada bulan Agustus 2005, Google mengambil alih Android Incorporation. Para pendiri Android seperti Andy Rubin, Rich Miner, Nich Sears, dan Chris While tetap mengelola Android.


Pada tanggal 5 November 2007, sistem operasi Android resmi hadir di public. Tepat seminggu kemudian, Android Beta SDK (Software Development Kit) dirilis. Dengan adanya SDK ini, Google mendorong para pengembang untuk membangun aplikasi-aplikasi mobile yang berjalan diatas Android. Ponsel pertama yang berjalan diatas Android adalah HTC Dream (G1) yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Versi Android  yang digunakan adalah versi 1.0 dengan nama kode Astro. Perlu diketahui bahwasanya Sistem Operasi Android adalah Sistem Operasi Opensource dimana setiap orang dapat mengembangkan aplikasi maupun meningkatkan kemampuan sistem operasi ini karena sifatnya yang Open Source tersebut Android berhasil memikat hati para developer untuk dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi yang hingga saat ini berhasil menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan didunia.


Berikut ini adalah perkembangan versi dari Sistem Operasi Android Hingga Saat ini :

  • Android Beta
Pertama kali dirilis pada 5 November 2007, kemudian pada 12 November 2007 Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google.

  • Android 1.0 (Astro)
Pertama kali dirilis pada 23 Spetember 2008. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama “Astro” tapi karena alasan hak cipta dan trademark nama”Astro” tidak jadi disematkan pada versi pertama dari OS Android ini. HTC Dream adalah ponsel pertama yang menggunakan OS ini.

Sejarah Perkembangan Android

  • Android 1.1 Bender
Pertama kali dirilis pada 9 Februari 2009. Versi Android kedua ini juga mengalami masalah penamaan yang sama dengan versi pertamanya. Pada awalnya Android ini akan diberi nama “Bender” akan tetapi karena alasan melanggar trademark, nama “Bender” tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini merupakan update untuk memperbaiki beberapa bugs, mengganti API dan menambahkan beberapa fitur.


Sejarah Perkembangan Android


  • Android 1.5 Cupcake
Pertama kali dirilis pada 30 April 2009. Sistem operasi ini adalah pencetu penamaan versi Android menggunakan nama makan pencuci mulut (dessert) mulai digunakan, karena ini merupakan versi yang ketiga maka penamaan diawali dengan huruf “C” dan jadilah “Cupcake” menjadi nama resmi dari versi OS Android ketiga ini. OS ini berbasiskan pada kernel Linux 2.6.27 dan menambahkan beberapa update serta UI baru dari versi Android sebelumnya. Mulai terdapat “widget” yang dapat dibesar kecilkan.

Sejarah Perkembangan Android


  • Android 1.6 Donut
Dirilis pertama kali pada 15 September 2009. Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan UI yang lebih user friendly. Pada versi ini juga sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs. Kemudian support layar dengan resolusi WVGA. Berikut penampakan Android v1.6 Donut.

Sejarah Perkembangan Android

Sejarah Perkembangan Android

  • Android 2.0/2.1 Éclair
Dirilis pertama kali pada 9 Desember 2009. Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI (User Interface) atau tampilan antarmuka dengan browser baru dan dukungannya terhadap HTML5.

Sejarah Perkembangan Android

Sejarah Perkembangan Android

Sejarah Perkembangan Android

  • Android 2.2 Froyo (Froze Yoghurt)
Dirilis pertamakali pada 20 Mei 2010 pada smartphone Google Nexus One. Pada versi ini sudah support terhadap Adobe Flash Player 10.1. Peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi, serta penggunaan SD Card sebagai tempat penyimpanan aplikasi. Ketika Android Froyo hadir mulai muncul banyak diskusi yang membahas mengenai persaingan antara Android dengan iOS yang akan semakin ketat di masa yang akan datang.

Sejarah Perkembangan Android

Sejarah Perkembangan Android

  • Android 2.3 Gingerbread
Pertama kali diperkenalkan pada 6 Desember 2010. Terjadi banyak peningkatan pada versi Android yang satu ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dirancang untuk memaksimalakan kemampuan aplikasi dan kemampuan bermain game. Serta mulai digunakannya Near Field Communication (NFC). Perbaikan terhadap dukungan layar resolusi WXGA dan diatasnya.

Sejarah Perkembangan Android

Sejarah Perkembangan Android

  • Android 3.0/3.1 Honeycomb
Pertama kali diperkenalkan pada 22 Februari 2011 dan Motorola Xoom adalah yang pertama kali menggunakannya. Android versi ini merupakan OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan pengunaan pada tablet PC.

Sejarah Perkembangan Android

Sejarah Perkembangan Android


  • Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwidch)
Sampai tulisan ini ditulis ICS merupakan versi Android yang paling anyar. Pertama kali dirilis pada 19 Oktober 2011. Smartphone yang pertama kali mengunakan OS Android ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Secara teori semua perangkat seluler yang menggunakan versi Android sebelumnya, Gingerbread, dapat di-update ke Android Ice Cream Sandwich. Pada sistem operasi ini kemampuan melakukan multitasking sangat diperhatikan.

Sejarah Perkembangan Android

Sejarah Perkembangan Android


  • Android versi 4.1, 4.2, 4.3 (Jelly Bean)
Android Jelly Bean yang diluncurkan pada acara Google I/O membawa beberapa keunggulan dan fitur baru yang dihadirkannya. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat dengan inputan suara.

Sejarah Perkembangan Android

Sejarah Perkembangan Android

  • Android versi 4.4  (Kit Kat)
Pertama kali diperkenalkan pada 31 Oktober 2013, perubahan signifikan pada sistem operasi ini terletak pada tampilan interfacenya yang mengadopsi flat design yang simple dan menarik, selain itu sistem operasi ini mendukung kemampuan multitasking yang baik dan stabil.

Sejarah Perkembangan Android

Sejarah Perkembangan Android

  • Android versi 5  (Lollipop)
Versi terbaru dari Android ini dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014, android versi ini di klaim sebagai sistem operasi paling stabil mengalahkan Sistem Operasi iOS 8.

Sejarah Perkembangan Android

Sejarah Perkembangan Android



Sekianlah artikel mengenai Sejarah Perkembangan Android, Semoga Bermanfaat ...

Source : wikipedia


Previous
Next Post »
Thanks for your comment