Sejarah Perkembangan iOS

Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan sebagai perantara antara user (Brainware) terhadap perangkat keras (Hardware) dan juga terhadap program aplikasi (Software) yang berjalan didalamnya. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak didalam sebuah sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada computer maupun smartphone mereka karena Sistem Operasilah yang mengatur sumber daya yang dibutuhkan program aplikasi terhadap memori yang terdapat didalam Smartphone.

Sejarah Perkembangan iOS

iOS atau yang sebelumnya disebut dengan iPhone OS adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh perusahaan Apple Inc bersutan Steve Jobs dan Steve Wozkiak. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk perangkat iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple Tv.
 Tidak seperti halnya dengan Windows Phone  dan Android, Apple tidak melisensikan iOS untuk diinstal di perangkat keras non-Apple. Pada 12 September 2012, App Store Apple berisi lebih dari 700.000 aplikasi iOS, yang secara kolektif telah diunduh lebih dari 30 miliar kali.

Sistem operasi ini sangat stabil dalam penggunaan multitasking akan tetapi sangat boros pada penggunaan daya baterainya, hampir disetiap pembaharuan versi dari sistem operasi ini selalu terdapat complain terhadap asupan daya baterai yang berlebih dari sistem operasi ini, akan tetapi iOS adalah sistem operasi mobile yang paling banyak mengeluarkan ide-ide cemerlang dalam setiap pembaharuannya, seperti :

  • Pada Versi iOS 1
iOS versi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 tidak banyak fitur pada versi ini akan tetapi gesture yang diciptakan pada layar iphone ini membuat orang menjadi tertarik menggunakannya.

Sejarah Perkembangan iOS

  • Pada Versi iOS 2
iOS versi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008, iOS 2 memperkenalkan Apple Store dimana disanalah tempat mendownload applikasi pada perangkat - perangkat apple.

Sejarah Perkembangan iOS

  • Pada Versi iOS 3
iOS versi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009, versi ini menyempurnakan beberapa kekurangan dari versi sebelumnya dimana tidak dapat menggunakan fitur copy paste, Bluetooth, dll.

Sejarah Perkembangan iOS

  • Pada Versi iOS 4
iOS versi ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 dengan mengusung aplikasi Facetime dan Retina Dispay untuk tampilan layarnya sehingga gambar menjadi sangat jernih.

Sejarah Perkembangan iOS

Sejarah Perkembangan iOS

  • Pada Versi iOS 5
iOS versi ini pertama kali mengenalkan sistem penyimpanan cloud yaitu iCloud dan mereka mengembangkan sistem notifikasi yang dapat terhubung diberbagai perangkat apple seperti Mac, Ipad dan iMac.

Sejarah Perkembangan iOS

  • Pada Versi iOS 6
Pada versi ini apple mulai mengebrak dengan meluncurkan suatu perangkat aplikasi berbasis assisten virtual yaitu Siri dimana user dapat mengakses aplikasi dan menanyakan lokasi cukup dengan berbicara dengan perangkat mobilenya,

Sejarah Perkembangan iOS

  • Pada Versi iOS 7
Pada versi ini apple merombak total tampilan interface dari sistem operasi dengan menggunakan gaya flat design yang simple, dan juga pada sistem ini apple juga mengembangkan Air Drop untuk tempat pengiriman gambar menggunakan Bluetooth utuk sesame perangkat apple.

Sejarah Perkembangan iOS

  • Pada Versi iOS 8
Versi ini versi terbaru dari perangkat sistem operasi Apple dimana fitur yang dibawanya adalah pemindai sidik jari dan juga pembaharuan dari apple pay, pada versi ini tidak terdapat perubahan yang signifikan dari tampilan interfacenya.

Sejarah Perkembangan iOS



Sekianlah artikel mengenai Sejarah Perkembangan iOS, Semoga Bermanfaat ...

Source : Wikipedia



Previous
Next Post »
Thanks for your comment