TIPE DATA DAN VARIABEL

Tipe data merupakan salah satu dari penamaan dalam sebuah program yang berfungsi untuk mendefinisikan metode representasi informasi dan cara informasi tersebut direpresentasikan. Sementara variable adalah salah satu dari penamaan lainnya yang berfungsi sebagai media penyimpanan suatu nilai (dalam java disebut dengan literal) yang disesuaikan dengan tipe datanya. Tipe data, variable, dan


https://dribbble.com/shots/1676946-Intelligent-Design

Nilai memiliki keterkaitan yang erat yang pada akhirnya dapat membantu kompilator dalam menentukan cara untuk merepsentasikan suatu data. Secara umum ada tiga jenis data/nilai atau literal (dalam java) yang dikenal oleh komputer:

  • Numerik, yaitu data atau nilai yang berbentuk bilangan, baik bilangan bulat, maupun pecahan. Termasuk di dalamnya literal logika yang dianggap angka yang merepresentasikan true dan false sebagai 1 dan 0.
  • Karakter, yaitu data atau nilai yang berbentung karakter tunggal atau deretan karakter.
  • String, yaitu data yang berisi deretan atau rangkaian karakter

Java mengenal ada 2 jenis tipe data, yaitu:
  • Tipe data primitif, diambil dari tipe data klasik dari berbagai bahasa pemrograman sebelum Java, antara lain C++ dan Pascal.
  • Tipe data object, berbentuk class yang merupakan ciri khas dari pemrograman berorientasi objek (PBO) untuk mendukung keberadaan dan operasional tipe data primitif .
Berikut  ini  tipe-tipe data  yang paling sering digunakan  dalam  pemrograman Java. Namun, untuk tipe data secara umum dapat dijelaskan selanjutnya. Adapun tipe-tipe data yang paling sering digunakan dalam Java adalah:

Tipe Data Primitif Tipe Data Object Keterangan
int Integer Tipe data bilangan bulat
double Double Tipe data bilangan pecahan
char Character Tipe data karakter tunggal
String String Tipe data string statis (Kata)

Penggunaan tipe data tidak bisa dipisahkan dari nama variablenya dan atau literalnya. Sehingga perlu ada cara untuk melakukan pengenalan tipe data, variable, dan  literal  terhadap  Java, yang disebut dengan  istilah  deklarasi. Dalam Java, pendeklarasian ketiganya dapat dilihat seperti pola berikut:
Tipe_data nama_variable [= literal] [, nama_variable [= literal...];
Pernyataan di dalam tanda “[“ dan “]“ sifatnya optional. Contoh:

Int A, E = 10, F = 7;
Double B, C, D = 22.7;
String nama = “Ayah”;
Char abjad = "A";

Keyword (kata kunci) adalah identifier yang digunakan Java (artinya, kita tidak boleh   menggunakan diantaranya:

abstractdoubleint
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment