Dasar - dasar PHP



Setelah mengetahui pengertian dari bahasa pemrograman PHP, sekarang naik 1 tingkat dalam memahami salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam menyusun dan mengembangkan suatu Website Dinamis. Artikel ini akan membahas syntax atau perintah - perintah dasar pada PHP, perlu diketahui yang pertama mengenai PHP adalah  ...

  • Script PHP dimulai dengan <?php ........ ?>
  • Script PHP dapat diletakan dibagian mana saja pada sturuktur HTML.
  • Jika untuk menampilkan sebuah web sebelumnya menggunakan extensi .html pada PHP terdapat beberapa prosedur dimana :
    1. Format web haruslah .php.
    2. PHP tidak dapat dijalankan seperti halnya menjalankan web dengan .html, pada PHP dibutuhkan sebuah server yang terlebih dahulu harus ada pada sistem opeasi komputer dan dijalankan didalam localhost dengan mengaktifkan beberapa service pada server (XAMPP) seperti Apache dan Mysql.
    3. Program PHP tidak sama dengan HTML dimana ketika lupa menutup suatu tag, web tersebut masih dapat dijalankan di dalam browser akan tetapi hal ini berbeda pada bagian PHP dimana kurang saja 1 script web browser akan menampilkan program error pada web yang disusun.
  • Script PHP dapat dikombinasikan atau dimasukan didalam struktur HTML tanpa mengganggu tag - tag yang ada pada HTML.
  • Pada Penulisan Script diharapkan memperhatikan besar kecilnya variable atau syntax codenya karena PHP bersifat Case Sensitive.


Langkah berikutnya adalah membuat program Hello World menggunakan PHP yang dapat dilihat pada potongan code dibawah ini :

Jalankan web php diatas didalam cakupan server dengan localhost yang telah diaktifkan pada software XAMPP.
Pada proses penulisan script ada baiknya menggukan suatu comment yang menandakan script php yang kita kerjakan itu berguna untuk apa pada web sehingga jika mengerjakan suatu program yang kompleks tidak kebingunan dengan code yang kita buat, untuk membuat komentar pada program PHP dapat melihat potongan code dibawah ini :



Sekianlah Artikel mengenai Dasar - dasar PHP, Semoga Bermanfaat ...


Previous
Next Post »
Thanks for your comment