Kegunaan Tombol Refresh pada Komputer

Menekan tombol refresh pada dekstop komputer siapa yang tidak pernah melakukannya? Umumnya hampir semua pengguna sistem operasi windows selalu melakukannya ketika kinerja dari komputer melambat karena banyaknya program yang dijalankan dalam satu waktu, akan tetapi benarkah kegunaan dari tombol refresh memang untuk memuat ulang program dan menjalankannya kembali sehingga kinerja komputer dapat meningkat?

tombol refresh

Ternyata anggapan bahwa menekan berulang kali tombol refresh akan mempercepat kinerja komputer hanya isu saja, dari beberapa sumber yang penulis baca kegunaan dari tombol refresh pada dekstop sistem operasi windows hanya berguna untuk memuat ulang pergantian wallpaper dan icon shortcut program pada dekstop itu sendiri karena perbedaan kecepatan dari setiap prosessor berbeda - beda kadang kala setiap user ingin mengganti tampilan dekstop mereka gambar yang muncul masih gambar awal tidak terjadi penggatian gambar, maka tombol refresh inilah yang berguna menyegarkan kembali tampilan dekstop bukan menyegarkan kembali program yang berjalan pada windows.

Selain itu setiap kali menginstall sebuah program pada sistem operasi windows tidak semua program langsung memunculkan programnya didekstop maka peranan sesungguhnya dari tombol refresh adalah memuat ulang shortcut - shortcut yang pada pada dekstop PC dengan sistem operasi windows.

Untuk dapat memahaminya secara jelas misalnya, anda telah mengatur shortcut di desktop yang namanya dalam urutan abjad. Bila anda menambahkan shortcut baru pada desktop, shortcut baru tidak akan langsung diurutkan dalam urutan abjad, tetapi akan berada di bagian bawah daftar pada kumpulan - kumpulan shortcut. Jika anda menekan tombol refresh desktop, semua shortcut akan diatur ulang kembali dan shortcut baru yang akan menempati posisi sesuai abjadnya. Ini adalah fungsi dari tombol refresh desktop yang sebenarnya. Selain itu, refresh juga memiliki fungsi yang sama pada Windows Explorer.

Apakah hal yang sama berlaku pada tombol refresh di setiap browser ?

tombol refresh

Perbedaan ketara terjadi antara refresh pada dekstop komputer dan refresh pada halaman web browser. Refresh pada halaman browser dilakukan karena koneksi yang lambat sehingga tidak semua elemen - elemen pada suatu halaman browser dapat diload dan disimpan di cache browser maka browser akan menampilkan halaman suatu web apa adanya dan tidak sesuai dengan tampilan sebenarnya, maka kegunaan dari refresh button pada browser adalah memuat ulang data yang tidak bisa diload pada akses pertama suatu website.

Jadi kesimpulannya untuk dapat membuat kinerja dari komputer menjadi lebih cepat hal pertama yang harus diperhatikan adalah melihat spesifikasi dari komputer kita masing - masing, jika komputer kita memiliki spec normal alangkah bijaknya untuk tidak menjalankan program yang membutuhkan spesifikasi yang tinggi seperti untuk bermain game resolusi tinggi dan mengedit video, kemudian tidak banyak menjalankan program dalam satu waktu jika processor tidak mendukung untuk multitasking.

Sekian ulasan singkat mengenai kegunaan tombol refresh pada komputer, semoga bermanfaat ....

Previous
Next Post »
Thanks for your comment