ID HTML

Ketika mendengar atau membaca sebuah kata ID tentunya yang kita tahu pertama adalah ID tersebut merupakan identitas tunggal yang menyatakan sesuai bahwasanya sesuatu tersebut hanya milik ia seorang, penggunaan ID juga berlaku pada bahasa HTML, ID pada HTML berperan sebagai penanda suatu tag agar pada proses style pada css memudahkan programmer menandakan tag HTML mana yang akan dimodifikasi.

ID HTML


Untuk membuat suatu tag memiliki ID dapat melihat potongan code dibawah ini :


Pada potongan diatas <p id="konten-1"> tag p memiliki sebuah id  id="konten-1 dimana id itulah yang akan dipanggil ketika memberikan style. Tujuan dari penggunaan ID pada html adalah memberikan pengkhususan suatu tag agar ketika distyle di CSS tidak semua tag yang sama yang termodifikasi melainkan hanya tag dengan ID yang terdefenisikan yang termodifikasi di CSS.

Pada materi ini memang belum terlihat jelas kegunaan dari ID pada HTML karena konsep pertamanya adalah "Tak Kenal Maka Tak Sayang", "Tak Tahu Maka Tak Paham".

Note : ID atau Identity pada HTML id="konten-1 hanya dapat digunakan 1 kali dalam proses styleling, hal tersebut dikarenakan ID hanya diperuntukan kepada tag yang bersangkutan dan tidak dapat diturunkan, digunakan, diwariskan ke tag - tag HTML yang lain.
Note : Pada penulisan ID pada tag tidak diperbolehkan menggunakan (spasi) hal dikarenakan ID pada suatu tag hanya mengizinkan 1 ID di 1 tag.
  Selamat Mengerjakan ...


Previous
Next Post »
Thanks for your comment